Jasa Legalisir Buku Nikah Di 3 kementerian — CV Amanah Transporter

CV Amanah Transporter
2 min readDec 16, 2023

--

Legalitas dan Proses Legalisasi Buku Nikah di Indonesia: Mengenal Proses di Tiga Kementerian

Pernikahan adalah salah satu momen penting dalam kehidupan seseorang, dan memiliki buku nikah yang sah adalah suatu keharusan. Untuk memastikan bahwa buku nikah Anda diakui secara resmi, legalisasi di tiga kementerian tertentu di Indonesia diperlukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas proses legalisasi buku nikah di Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kementerian Agama: Legalisasi Awal

Proses dimulai di Kementerian Agama, di mana pernikahan resmi dicatat. Setelah acara pernikahan selesai, Anda harus mengajukan legalisasi di Kantor Urusan Agama setempat. Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan mengeluarkan buku nikah yang sudah terlegalisasi di tingkat lokal.

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: Legalitas Nasional

Langkah terakhir adalah legalisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kemenkumham memberikan pengesahan secara nasional terhadap buku nikah Anda. Proses ini mencakup verifikasi kesesuaian dokumen dengan hukum yang berlaku di negara ini.

3. Kementerian Luar Negeri: Persetujuan Administratif

Setelah mendapatkan legalisasi di Kementerian Agama dan Kemenkumham , langkah berikutnya adalah mengajukan persetujuan administratif di Kementerian Luar Negeri. Proses ini memastikan bahwa buku nikah Anda memenuhi persyaratan administratif yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Tips Penting:
Pastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, akta kelahiran, surat keterangan belum menikah, dan dokumen pendukung lainnya, telah Anda siapkan dengan lengkap.
Periksa persyaratan masing-masing kementerian secara cermat agar tidak terjadi kendala dalam proses legalisasi.
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan petugas yang berwenang di setiap kementerian jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan terkait prosedur.
Dengan melalui proses legalisasi di tiga kementerian ini, buku nikah Anda akan diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Pastikan untuk mengikuti semua prosedur dengan teliti untuk menghindari masalah hukum di masa depan. Pernikahan yang sah secara hukum adalah landasan yang kuat untuk membangun kehidupan berkeluarga yang bahagia dan aman.

Jika Anda memerlukan Bandtuan Biro jasa Legalisir Buku Nikah Di Kemenag , Kemenkumham Dan Kemenlu Hubungi Kami : +62 811–6603–366

Alamat kantor Kami :

Jl. Mede №4, RT.1/RW.8, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120

Jasa-Legalisasi-Buku-Nikah-Di-Kemenag-Legalisir-Buku-Nikah-Di-Kementerian-Agama

--

--